-->
    BLANTERORBITv102

    Mencari Jalan Keluar Halal Secara Kreatif

    Selasa, 02 Maret 2021
    Image: qanvast.com

    Dalam hadits riwayat Abu Daud, An-Nasa’i, Ahmad, dan Al-Hakim; Rasulullah berdo'a, "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran." Allahumma innii a'uudzubika minal kufri wal faqri ... Sebuah doa yang disunnahkan pengikutnya dipanjatkan di pagi hari dan sore hari.

    Lilitan hutang dan kesewenangan orang, terutamanya karena Anda berhutang membuat hari-hari menjadi sesak. Sehingga bisa jadi memilih jalan keluar yang diharamkan untuk memutar balik keadaan. 

    Sebelum mencari jalan keluar halal secara kreatif, Anda perlu dibekali dengan mindset rabbani. Ini sangat penting. Allah menciptakan berbagai makhluk dimuka bumi satu set dengan bagian rizki mereka. Allah berfirman:

    (اللهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ)

    Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberikan rizki. Quran Surah ar-Rum [30]: 40

    (وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي اْلأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللهِ رِزْقُهَا)

    Tidak ada satu binatang melata pun di bumi, melainkan Allah yang memberi rizkinya. Quran Surah Hud [11]: 6

    Kami kutip dari mandailingonline.com yang melemparkan penyadaran. Jika demikian halnya, mengapa terjadi kemiskinan? Seolah-olah kekayaan alam yang ada, tidak mencukupi kebutuhan manusia yang populasinya terus bertambah. 

    Dalam pandangan ekonomi kapitalis, problem ekonomi disebabkan oleh adanya kelangkaan barang dan jasa, sementara populasi dan kebutuhan manusia terus bertambah. Akibatnya, sebagian orang terpaksa tidak mendapat bagian, sehingga terjadilah kemiskinan. Pandangan ini jelas keliru, bathil, dan bertentangan dengan fakta.

    Secara itiqadiy, jumlah kekayaan alam yang disediakan oleh Allah untuk manusia pasti mencukupi. Hanya saja, apabila kekayaan alam ini tidak dikelola dengan benar, tentu akan terjadi ketimpangan dalam distribusinya. Jadi, faktor utama penyebab kemiskinan adalah buruknya distribusi kekayaan. Di sinilah pentingnya keberadaan sebuah sistem hidup yang shahih dan keberadaan negara yang menjalankan sistem tersebut.

    Islam adalah sistem hidup yang shahih. Islam memiliki cara yang khas dalam menyelesaikan masalah kemiskinan. Syariat Islam memiliki banyak hukum yang berkaitan dengan pemecahan masalah kemiskinan; baik kemiskinan alamiyah, kultural, maupun sruktural.

    Hanya saja, hukum-hukum itu tidak berdiri sendiri, melainkan memiliki hubungan sinergis dengan hukum-hukum lainnya. Jadi, dalam menyelesaikan setiap masalah, termasuk kemiskinan, Islam menggunakan pendekatan yang bersifat terpadu. 

    Jalan Keluar Halal Secara Kreatif

    Menggalakan ekonomi kreatif yang halal justru lebih menentramkan dan menguntungkan bagi warga negara, dan tentunya pelaku usaha. Bersambung---
     

    Anda dapat berkomentar di bawah ini atau berdiskusi antar sesama pengunjung situs ini. Bilamana ada pertanyaan atau pekerjaan baru untuk pengelola situs, silahkan hubungi via telepon/email kami.